Internasional

Taiwan Tuding China Sengaja Halangi Pembelian Vaksin BioNTech

INDOPOSCO.ID – Taiwan untuk kali pertama secara langsung menuding China menghalangi kontrak vaksin Covid-19 dengan produsen BioNTech asal Jerman, dalam eskalasi perang verbal setelah Beijing memberikan vaksin ke wilayah itu melalui perusahaan China.

Taiwan memperoleh jutaan dosis vaksin yang dipesan dari AstraZeneca dan Moderna, namun hingga saat ini baru menerima 700.000 lebih sedikit dan baru dapat memvaksinasi sekitar 1 persen penduduknya saat infeksi melonjak.

Meski Taiwan sebelumnya mengaku tidak dapat mengesahkan kontrak akhir dengan BioNTech, pihaknya hanya menyiratkan bahwa hal ini lantaran tekanan dari China. China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya dan berupaya membatasi hubungan internasional mereka.

Melalui pernyataan saat pertemuan Partai Progresif Demokratik berkuasa di Taiwan, Pemimpin Tsai Ing-wen mengatakan mereka “lancar” memesan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca dan Moderna.

“Mengenai BionTech Jerman, kami hampir menyelesaikan kontrak dengan pabrik asal Jerman itu, namun karena campur tangan China, hingga kini belum ada cara untuk merampungkan kontrak tersebut,” katanya seperti dikutip Antara, Rabu (26/5/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button