Internasional

Biden Minta Netanyahu Turunkan Ketegangan di Gaza

INDOPOSCO.ID – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk segera menurunkan ketegangan dalam konflik Gaza menuju gencatan senjata.

Kedua pemimpin pada Rabu (19/5/2021) melakukan pembicaraan melalui telepon untuk keempat kalinya dalam sepekan. Pembicaraan tersebut berlangsung setelah Netanyahu mengeluarkan pernyataan bahwa ia tidak menetapkan kerangka waktu untuk mengakhiri pertempuran yang berlangsung lebih dari seminggu.

Biden telah menghadapi tekanan, bahkan dari sesama tokoh Demokrat, untuk mengambil peran yang lebih aktif dan terbuka dalam menengahi gencatan senjata antara Israel (sekutu terdekat AS di Timur Tengah), dengan kelompok gerilyawan Hamas.

Berita Terkait

“Kedua pemimpin berdiskusi secara terperinci tentang peristiwa di Gaza, kemajuan Israel dalam menurunkan kemampuan Hamas dan elemen-elemen teroris lainnya, juga upaya diplomatik yang sedang dijalankan oleh pemerintah negara-negara di kawasan serta oleh Amerika Serikat,” kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre Reporter dalam pernyataan singkat di dalam pesawat kepresidenan Air Force One seperti dikutip Antara, Kamis (20/5/2021).

“Presiden menyampaikan kepada perdana menteri bahwa ia mengharapkan ketegangan menurun menuju gencatan senjata,” ujar Jean-Pierre.

Pembicaraan melalui telepon itu berlangsung tak lama sebelum Biden meninggalkan Washington dalam perjalanan ke Connecticut untuk menghadiri upacara kelulusan di Coast Guard Academy.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button