Internasional

Akibat Pandemi, Kelulusan Mahasiswa asal Indonesia di China Tertunda

Sementara dari 15.760 pelajar Indonesia di China terdapat sebanyak 1.352 orang yang masih bertahan di kampusnya masing-masing di 27 kota di daratan Tiongkok itu sejak pandemi Covid-19 merebak, sedangkan yang lain sudah berada di Indonesia untuk menjalani perkuliahan jarak jauh.

Dalam beberapa waktu terakhir, China membuka akses bagi orang asing selain untuk tujuan berwisata dan belajar. Salah satu syarat untuk mendapatkan visa China, maka pemohon harus menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 buatan China.

Meskipun sampai saat ini belum ada kebijakan apapun terkait kebijakan visa China bagi pelajar, Atdikbud Ristek telah berkirim surat kepada beberapa menteri di Indonesia, yakni Menlu, Mendikbud Ristek, Mendagri, dan Komite Penerangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Surat itu berisi usulan kepada instansi di Indonesia agar segera memberikan vaksinasi terhadap para pelajar Indonesia sebagai bentuk persiapan jika sewaktu-waktu China membuka kembali akses masuk kepada para pelajar asing.

Sebelumnya dalam pertemuan bilateral China-Indonesia di Provinsi Fujian pada 1-3 April 2021, Menlu Retno LP Marsudi menyampaikan harapannya kepada Menlu Wang Yi agar memfasiltasi kembalinya para pelajar Indonesia ke China. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button