Internasional

WHO Ungkap Kepercayaan terhadap Data Vaksin Sinopharm Sangat Rendah

Tetapi dokumen itu juga memuat bahwa “analisis keamanan di antara peserta dengan penyakit penyerta (dulu) dibatasi oleh rendahnya jumlah peserta dengan penyakit penyerta (selain obesitas) dalam percobaan Tahap 3.”

Di antara “celah bukti”, dokumen itu mengutip data tentang perlindungan terhadap penyakit parah, durasi perlindungan, keamanan untuk digunakan pada wanita hamil dan pada orang dewasa yang lebih tua dan identifikasi/evaluasi efek samping yang jarang terjadi melalui pemantauan keamanan pasca otorisasi.

“Kami memiliki keyakinan yang sangat rendah pada kualitas bukti bahwa risiko efek samping yang serius setelah satu atau dua dosis BBIBP-CorV pada orang dewasa yang lebih tua (60 tahun) adalah rendah,” demikian dokumen tersebut.

“Kami memiliki kepercayaan yang sangat rendah pada kualitas bukti bahwa risiko kejadian buruk yang serius pada individu dengan penyakit penyerta atau kondisi kesehatan yang meningkatkan risiko Covid-19 parah setelah satu atau dua dosis BBIBP-CorV rendah,” ujar pernyataan itu.

Analisis SAGE disiapkan ketika kelompok penasihat teknis WHO sedang meninjau vaksin untuk persetujuan penggunaan darurat, yang tidak hanya akan membuka jalan untuk penggunaannya dalam skema berbagi vaksin global COVAX, tetapi juga memberikan dukungan internasional yang penting untuk vaksin yang dikembangkan di China. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button