Internasional

Giliran Presiden Suriah dan Ibu Negara Positif Covid-19

Assad bergabung dengan daftar pemimpin dunia yang dinyatakan positif Covid-19, bersama dengan Boris Johnson dari Inggris, Emmanuel Macron dari Prancis, dan mantan Presiden AS Donald Trump.

Para pekerja medis mengatakan otoritas telah meremehkan skala wabah tersebut untuk sebagian besar tahun lalu, ketika angka resmi tetap rendah di tengah kewalahannya rumah-rumah sakit dan pengumuman kematian muncul di surat kabar.

Pemerintah setempat membantah telah mengecilkan angka-angka tersebut, dan telah mengakui dalam dua bulan terakhir bahwa negara itu mungkin berada di ambang lonjakan besar. Mereka pun mendorong masyarakat untuk menggunakan masker, melaksanakan protokol kesehatan, dan menghindari area yang padat.

Para pejabat dan pengusaha mengatakan pemerintah yang terkena sanksi tidak dapat melakukan penguncian ‘lockdown’ secara penuh, mengingat keadaan ekonomi yang mengerikan dan kemiskinan yang meningkat.

Setelah perang selama satu dekade yang menewaskan ratusan ribu orang dan memaksa jutaan orang untuk pindah, pihak militer Assad telah merebut kembali sebagian besar negara dengan bantuan Rusia dan Iran. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button