Internasional

Joe Biden Kali Pertama Bicara dengan Benjamin Netanyahu via Telepon

Gedung Putih telah membantah bahwa penundaan dalam panggilan kehormatan Biden dimaksudkan untuk tidak menghormati Netanyahu, sebagaimana juru bicara Jen Psaki mengatakan pekan lalu bahwa itu “bukan disengaja”.

Netanyahu minggu ini mengakui perbedaan dengan Biden atas masalah Iran dan Palestina, tetapi mengatakan keduanya menikmati hubungan kerja yang kuat.

Pemimpin Israel itu mungkin menemukan aliansi kedua negara diuji jika Washington memulihkan partisipasi AS dalam kesepakatan nuklir Iran, yang Trump menarik diri, dan menentang pembangunan permukiman Israel di tanah yang diduduki di mana Palestina mencari status kenegaraan.

Netanyahu hampir seiring sejalan atas kebijakan Timur Tengah dengan Trump, yang mengambil pendekatan pro-Israel yang kukuh.

Seorang diplomat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa Israel telah prihatin dengan penundaan panggilan Biden ke Netanyahu, tetapi menyadari bahwa presiden AS sedang menangani masalah lain terlebih dahulu, seperti pandemi dan tantangan dari Rusia dan China.

Fakta bahwa Netanyahu adalah pemimpin Timur Tengah pertama yang dipanggil dianggap sebagai pertanda positif, kata diplomat itu. (arm)

Sumber: Reuters

Dikutip dari Antara

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button