Internasional

Putusan ICC, Palestina OK, PM Israel Kepalkan Tangan. Bagaimana AS?

“Kami mendesak Mahkamah Internasional untuk menjalankan investigasi terhadap kejahatan perang Israel terhadap rakyat Palestina,” kata Abu Zuhri, yang saat ini berada di luar Gaza.

Di luar Israel dan Palestina, Amerika Serikat (AS) menyatakan penolakan atas keputusan ICC.

“Amerika Serikat keberatan dengan keputusan @IntlCrimCourt (akun ICC, red) mengenai situasi di Palestina,” tulis Ned Price, juru bicara (jubir) Departemen Luar Negeri AS dalam cuitan di Twitter.

“Kami akan terus menjunjung komitmen kuat Presiden AS Joe Biden terhadap Israel dan keamanannya, termasuk melawan langkah yang berupaya mengincar Israel secara tidak adil,” tulis Price menambahkan.

Sebelumnya, pemerintahan AS di bawah Donald Trump menentang keras ICC. Jamil Dakwar, direktur Program Hak Asasi Manusia (HAM) pada organisasi American Civil Liberties Union, mengatakan Presiden AS Joe Biden seharusnya tidak mengambil langkah apa pun yang akan merusak independensi ICC.

“Penting untuk diingat bahwa penyelidikan ICC juga akan menargetkan pelaku kejahatan perang dari pihak Palestina dalam konteks pertempuran antara Israel dan kelompok bersenjata Palestina, khususnya di Jalur Gaza,” kata Dawar melalui cuitan di Twitter. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button