Internasional

Indonesia dan Iran Jalin Kemitraan dalam Pengadaan Alat Hemodialisa

“Kami menyambut baik rencana kerja sama pendirian fasilitas perakitan alat hemodialisa di Indonesia. Adanya kemungkinan alih teknologi dan terbentuknya lapangan pekerjaan yang akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi Indonesia”, kata Ronny.

Dikatakan, kegiatan ini sejalan dengan prioritas diplomasi Indonesia di tahun 2021 antara lain membangun kemandirian dan ketahanan kesehatan nasional atau National Health Security, dengan fokus yakni penguatan kerja sama membangun industri kesehatan nasional, industri bahan baku obat, farmasi, maupun alat kesehatan; dan penguatan kerja sama pengembangan riset dan transfer teknologi dan SDM di bidang kesehatan.

Presiden Pardis Technology Park, Mr. Mahdi Saffari Nia, secara lugas menyampaikan kesiapan Iran untuk meningkatkan kerja sama investasi perusahaan berbasis ilmu pengetahuan Iran di Indonesia. Pardis Technology Park berada di bawah koordinasi dari kantor Wapres Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Iran, yang telah menginkubasi 100 perusahaan berbasis pengetahuan.

Kerja sama ini dipayungi oleh MoU kerja sama Kesehatan yang ditandatangani pada 26 Oktober 2018. Sebagai wujud komitmen kerja sama, Indonesia-Iran juga telah menyepakati Plan of Action kerja sama kesehatan periode 2019-2021. Indonesia dan Iran juga memiliki forum rutin Indonesia-Iran Health Business Forum yang menjadi platform membangun kemitraan yang berkelanjutan dalam bidang kefarmasian dan alat kesehatan antara kedua negara. (wib)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button