Gaya Hidup

Inspirasi Peduli Lingkungan ala Golfer Muda Laura Seca

INDOPOSCO.ID – Perempuan pejuang lingkungan terus bertumbuh di berbagai tempat dengan beragam aksi, pemikiran maupun inovasi. Hal ini menunjukkan betapa kaum perempuan memiliki peran penting dalam kelestarian lingkungan.

Dengan idealisme dan impian menjaga bumi, perempuan menginspirasi komunitasnya. Aksi para perempuan telah berdampak secara sosial dan kemudian memberi dampak ekologi. Mereka bergerak di berbagai bidang sesuai kapasitasnya masing-masing untuk satu tujuan yakni lingkungan lestari.

Salah satu perempuan belia yang memiliki aksi cinta bumi adalah Laura Seca Widyatmodjo. Laura, putri kedua pasangan Ben Widyatmodjo dan Vivian Secakusuma ini lahir di California pada 12 Mei 2004, ia dikenal sebagai pemain golf junior berprestasi.

Kesibukannya mengejar prestasi di bidang golf, tidak membutakan matanya, pada kondisi lingkungan sekitar. Bagi Laura, anak muda harus memiliki peran utama dalam membawa perubahan, termasuk mengubah paradigma berpikir masyarakat mengenai sampah, khususnya di Indonesia.

“Sebagai remaja, ya, memang benar saya peduli dengan lingkungan. Sebagai pegolf, saya pernah bermain di banyak lapangan lapangan golf yang indah di seluruh dunia. Ironisnya, di antara hamparan hijau asri hamparan rumput dan tanaman di lapangan golf, saya justru melihat adanya sampah di beberapa ada aliran sungai atau saluran air atau danau. Akibatnya, warna air yang harusnya biru jernih, menjadi coklat. Menumpuknya sampah telah merusak keindahan dan kenyamanan lingkungan serta merupakan penyebab polusi udara. Sebagai anak muda, saya tergerak, saya ingin membantu mencari solusi,” katanya.

Dikatakan, hal yang paling sederhana yang dilakukan adalah mengontrol, mengurangi sampah yang kita hasilkan dalam sehari-hari.

Perempuan yang mulai latihan bermain golf pada usia 9 tahun mengaku pemandangan yang dijumpainya lapangan golf inilah yang mendorong Laura Seca Widyatmodjo untuk mulai berperan aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan sampah.

Siswa kelas 11 program IB diploma di SMA British School Jakarta ini bergerak melalui Gerakan “Junior Golfers For A Cause”. Laura yang telah mengikuti turnamen golf sejak usia 12 tahun itu, menjelaskan bahwa tujuan Gerakan Junior Golfers For A Cause adalah melakukan kegiatan sosial berupa pengumpulan donasi untuk disumbangkan ke organisasi yang bergerak dikonservasi atau edukasi lingkungan hidup.

Cara mereka mengumpulkan donasi ini cukup unik, yaitu dengan melakukan ‘juggling golf ball’, untuk setiap seribu rupiah yang masuk. Laura menjelaskan bahwa kegiatan ini telah dilakukan sejak 25 Maret lalu, dan akan berlangsung hingga 30 April 2021. Saat ini donasi yang sudah terkumpul adalah sekitar Rp 6.500.000,00, yang artinya Laura dan teman-temannya sudah memantulkan bola golf sebanyak 6500 kali! Seru, ya!!

Rencananya, donasi yang terkumpul akan diserahkan pada Teens Go Green Indonesia, sebuah komunitas anak muda yang melakukan kegiatan edukasi lingkungan bagi para remaja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button