Nusantara

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un, Pengasuh Ponpes Al-Falah KH Djazuli Meninggal

INDOPOSCO.ID – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah di Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim) KH Zainudin Djazuli meninggal dunia di RSUD dr Iskak Tulungagung.

Djazuli sempat dirawat di ruang transit intensif yang merupakan ruang perawatan sementara bagi pasien yang menunggu hasil pemeriksaan atau tes usap PCR guna memastikan ada/tidaknya paparan Covid-19.

“Kondisi almarhum terus naik turun sejak mulai masuk RSUD dr. Iskak pada Rabu (7/7) sore sekitar pukul 15.30 WIB,” kata Kasubbag Humas RSUD dr Iskak Tulungagung, Mochammad Rifai di Tulungagung, Sabtu (10/7/2021).

Sejak awal masuk IGD, KH Djazuli saat itu langsung dibawa ke ruang transit intensif untuk memastikan sakit yang diderita tokoh ulama asal Ploso, Kediri itu. Hasil tes usap PCR keluar, dan KH Zainudin Djazuli yang sebelumnya dalam status menunggu hasil pemeriksaan laboratorium, dipertahankan di ruang transit intensif untuk mendapatkan perawatan optimal.

“Ruang transit intensif ini adalah ruang steril yang sudah menerapkan standar penanganan pasien Covid-19. Meskipun si pasien statusnya masih ‘suspect’, belum positif (Covid-19), ataupun yang sudah terkonfirmasi positif namun masih menunggu kamar layanan di ruang intensif Covid-19. Tempat tidur antar pasien maupun dengan ruang perawat dipisah dinding transparan untuk mencegah risiko penularan,” terang Rifai.

Meski kondisi klinis KH Zainudin Djazuli tidak stabil. Saturasi oksigen dalam darahnya juga menurun, sehingga petugas memasang ventilator, untuk membantu pernafasannya. “Sempat membaik, namun kemudian kondisi kesehatan almarhum KH Djazuli mengalami pemburukan sehingga meninggal pada Sabtu (10/7) sore tadi, sekitar pukul 14.45 WIB,” jelasnya dilansir Antara.

Informasinya, KH Djazuli sedianya dipindah ke ruang perawatan intensif Covid-19 di Pulmonary Center. Namun karena pasien di Pulmonary Center masih penuh, keberadaannya masih dipertahankan di ruang transit intensif IGD yang dulunya merupakan ruang “High Care Unit” (HGU) IGD RSUD dr. Iskak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button