Gaya Hidup

Ini Tips Jaga Kekebalan Tubuh Menghadapi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Kekebalan tubuh merupakan pertahanan terakhir dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ribuan masyarakat harus menghembuskan napas terakhir akibat imunitas yang lemah. Resiko penularan corona sangat tinggi bagi pekerja sektor esensial, karena tidak bisa bekerja dari rumah. Sehingga perlu daya tahan tubuh yang kuat agar tidak dikalahkan Covid-19.

Yang paling sederhana dalam menjaga daya tahan tubuh adalah dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan tidak makan bareng (6M).

Kemudian yang harus dikonsumsi rutin dengan minum vitamin C dan suplemen penunjang, serta makan sayur dan buah-buahan.

“Makan makanan gizi seimbang memang penting, tetapi lebih penting lagi untuk makan dengan teratur. Yaitu makan sesuai dengan jadwal,” kata Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Wahyuti, Jumat (16/7/2021).

Wahyuti menyatakan, makanan dan suplemen saja tidak cukup dalam menjaga kekebalan tubuh. Perlu ditambah olahraga minimal tiga kali dalam satu minggu.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan beragam, tidak harus ke pusat kebugaran atau ke luar rumah. Berdasarkan World Health Organization (WHO), berolahraga teratur bisa memperbaiki daya tahan tubuh, meredakan peradangan, dan mengurangi risiko penyakit berat.

“Hal ini karena sel kekebalan tubuh yang biasanya berkumpul pada organ limfoid akan beredar ke seluruh tubuh saat otot-otot berkontraksi. Jadi, kebiasaan berolahraga sangat penting di tengah pandemi,” paparnya.

Ia menambahkan, menjaga kesehatan mental dengan berpikir positif juga penting. Sebab, depresi bisa lebih rentan terhadap penyakit. Hal ini karena hormon stres kortisol bisa mengganggu kekebalan tubuh.

Mengingat, pada saat stres atau depresi, tubuh akan merespons secara fisik. Kerja dari organ seperti otak dan jantung bisa terganggu. Stres berkepanjangan juga membuat seseorang lebih rentan terhadap flu. Sehingga, diharuskan istirahat yang cukup.

“Oleh karenanya, kita harus berusaha menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan melakukan hobi yang positif seperti berkebun, menulis jurnal, bernyanyi, dan lain sebagainya,” terangnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button