Nasional

Ini Peran Milenial Majukan Pariwisata versi Sandiaga

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, generasi milenial memiliki peran penting dalam peningkatan dan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Salah satunya, menurut Sandiaga menghadirkan pariwisata berkelanjutan yang lebih berkualitas. “Generasi muda juga berperan menghadirkan tren baru berwisata yang lebih berkelanjutan,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangannya, Sabtu (20/3/2021).

“Peran mereka juga bisa membantu menyosialisasikan program pemerintah dimana ke depan kita menargetkan pariwisata berkelanjutan yang lebih berkualitas,” imbuhnya.

Hal paling sederhana, kata Sandiaga, generasi milenial atau bahkan generasi Z dapat melakukannya dengan membuat konten-konten menarik di media sosial (Medsos). Konten yang dapat mempromosikan destinasi pariwisata yang berkelanjutan.

“Milenial harus menjadi contoh dalam melakukan kegiatan wisata dengan kepatuhan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dan ramah lingkungan. Mereka juga lebih memilih pariwisata yang berbasis alam,” terangnya.

Pemerintah, dikatakan Sandaaga, tengah berusaha untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pandemi Covid-19 berdampak besar pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Lebih dari 30 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari sektor ini,” katanya.

Sandiaga menyebut, pihaknya akan melanjutkan program bantuan sosial (Bansos) pemerintah, seperti dana hibah pariwisata untuk hotel dan restoran. Rencananya tahun ini akan dilanjutkan, ditingkatkan, dan diperluas penerimanya.

“Program-program kami mendapatkan respons yang positif, vaksinasi sudah berjalan terutama di Bali, Bandung, Yogyakarta, dan Manado. Kami mulai melihat geliat dari kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya. (nas)

 

Sponsored Content
Back to top button