Nasional

Ini Fakta tentang Varian Covid-19 di India

INDOPOSCO.ID – India mencatat lonjakan infeksi virus corona paling tajam di dunia bulan ini, yang mengakibatkan ibu kota politik dan keuangan New Delhi dan Mumbai kehabisan tempat tidur rumah sakit, oksigen, dan obat-obatan.

Para ilmuwan sedang mempelajari apa yang menyebabkan lonjakan tak terduga, dan terutama apakah varian dari virus corona baru yang pertama kali terdeteksi di India adalah penyebabnya. Varian tersebut, bernama B.1.617, telah dilaporkan di 17 negara, meningkatkan kekhawatiran global. Berikut dasar-dasarnya:

Apa itu varian India?

Varian B.1.617 mengandung dua mutasi kunci pada bagian luar “lonjakan” virus yang menempel pada sel manusia, kata ahli virologi senior India Shahid Jameel.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan garis keturunan utama B.1.617 pertama kali diidentifikasi di India Desember lalu, meskipun versi sebelumnya terlihat pada Oktober 2020.

Seperti dilansir Antara, WHO telah mendeskripsikannya sebagai “varian minat”, memberi kesan bahwa ia mungkin memiliki mutasi yang akan membuat virus lebih mudah menular, menyebabkan penyakit yang lebih parah atau menghindari kekebalan vaksin. Jenis lain dengan risiko yang diketahui, seperti yang pertama kali terdeteksi di Inggris, Brasil, dan Afrika Selatan, telah dikategorikan sebagai “varian keprihatinan”, tingkat ancaman yang lebih tinggi.

Apakah varian-varian mendorong lonjakan kasus?

Sulit untuk mengatakannya.

WHO mengatakan penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan. Studi berbasis laboratorium dengan ukuran sampel terbatas menunjukkan potensi peningkatan penularan, simpulnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button