Gaya Hidup

Ini Cara Pertolongan pada Penderita Gagal Jantung Kongestif

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospitals Jambi, dr. Evi Supriadi, Sp.JP mengatakan, dampak dari gagal jantung kongestif sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

“Jadi penderita gagal jantung perlu menjalani pengobatan yang kontinyu secara tepat. Ini bertujuan untuk menghindari komplikasi,” ujar dr. Evi melalui edukasi kesehatan dalam live Instagram milik Siloam Hospitals Jambi, Kamis (25/3/2021).

Alumnus Universitas Padjadjaran Bandung ini melanjutkan, gagal jantung merupakan kumpulan gejala atau syndroma klinis. Hal yang biasa dialami oleh pasien adalah mengeluhkan mudah lelah, termasuk menaiki anak tangga menjadi cepat lelah.

Dalam beberapa kasus, banyak ditemui pada saat sekarang pasien penyakit jantung tidak hanya pada usia 40 tahun sampai usia lanjut, tapi pada usia middle age, yaitu sekitar 30 tahun juga ada.

Adapun, gejala awal yang timbul adalah merasakan sesak dan mudah lelah, batuk bahkan sampai lebih sering ke kamar mandi. Umumnya dengan keluhan seperti ini, masyarakat pada umumnya belum ingin memeriksakan diri ke dokter.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button