Gaya Hidup

Ini Cara Pencegahan Serangan Glaukoma

INDOPOSCO.ID – Glaukoma atau kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan pada bola mata merupakan penyebab kebutaan kedua terbanyak setelah katarak di seluruh negara di dunia.

Bahkan, kebutaan akibat glaukoma bersifat permanen. Meningkatnya tekanan bola mata ini terjadi akibat gangguan pada sistem aliran cairan mata. Seseorang yang menderita kondisi ini dapat merasakan gejala berupa gangguan penglihatan, nyeri pada mata dan sakit kepala.

“Karena sering tidak bergejala, calon penderita glaukoma kerap tidak menyadarinya,” ujar dr. Nyoman Yenny Khristiawati, Dokter Spesialis Mata dari Siloam Hospitals Denpasar dalam edukasi webinar kesehatan, Rabu (10/3/2021) sekaligus memperingati World Glaukoma Week yang jatuh setiap minggu kedua bulan Maret setiap tahunnya.

Oleh karena itu, harus diwaspadai bila memiliki riwayat diabetes, hipertensi atau secara umum kerap merasakan sakit kepala dan atau rutin menggunakan obat tetes mata tertentu yang mengandung steroid. Jadi perlu dilakukan deteksi dini.

Penyakit glaukoma memiliki dua jenis, yakni primer dan sekunder. Pembeda dari dua jenis ini adalah penyebab dari mata tersebut. Untuk yang jenis primer, penyebabnya tidak diketahui, namun faktor genetik memiliki peran di dalamnya. Sementara jenis sekunder penyebabnya karena efek samping obat-obatan atau akibat trauma dan penyakit lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button