Ekonomi

Ini Cara BPK dan BPKP Percepat Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan

INDOPOSCO.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersinergi untuk meningkatkan pengawasan intern oleh BPKP dalam rangka mendorong percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK.

Sinergi BPK dan BPKP ini ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman bersama oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna dan Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh pada Jumat (10/9/2021). Sinergi dan koordinasi BPK dengan BPKP ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan negara.

“Sebagai lembaga pemeriksa, BPK sudah seharusnya mewujudkan sinergi dengan BPKP sebagai aparat pengawas internal pemerintah dalam mengawal pengelolaan keuangan negara. BPK maupun BPKP ingin mempertajam sinergi dan koordinasi melalui kerja sama yang dijabarkan lebih rinci dalam nota kesepahaman,” ujar Ketua BPK.

Dijelaskannya, kerja sama ini meliputi pertukaran data dan/atau informasi. Hal ini diwujudkan dalam pemanfaatan data atau informasi dari sistem teknologi informasi yang dikembangkan BPK dan BPKP, pemanfaatan laporan hasil audit dan/atau hasil reviu BPKP untuk BPK, serta pemanfaatan laporan hasil pemeriksaan dan pemberian pendapat BPK terkait pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Kerja sama lainnya meliputi penggunaan tenaga auditor, pelaksanaan kerja sama audit (joint audit) atas permasalahan tertentu, koordinasi dalam rangka pemenuhan permintaan penghitungan kerugian negara atau daerah dari instansi penegak hukum, pendidikan dan pelatihan, serta penelitian dan pengembangan serta kegiatan lain sesuai kesepakatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button