Nasional

Ini Bukti Otentik Perihal Tenggelamnya KRI Nanggala-402, Menurut KSAL

INDOPOSCO.ID – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan terdapat beberapa komponen yang ditemukan dan menjadi bukti otentik milik KRI Nanggala-402 yang sempat hilang kontak di Perairan Bali bagian utara.

“Beberapa hari lalu dan sampai hari ini tadi telah ditemukan beberapa kepentingan dan barang-barang yang berada di sekitar lokasi kapal tersebut terlihat saat menyelam tersebut. Barang itu diyakini sebagai komponen yang melekat di kapal selam dan ini tidak akan terangkat ke luar kapal apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur terpedo,” kata KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali seperti dikutip Antara, Sabtu (24/4/2021).

Ia mengatakan bahwa barang bukti yang ditampilkan saat ini ditemukan dalam kondisi terapung. Kata dia, selain penemuan tumpahan minyak juga ada komponen-komponen yang diyakini milik kapal KRI Nanggala-402.

“Barang-barang ini tidak dimiliki oleh umum dan di sekitar radius 10 mil tidak ada kapal lain yang melintas sehingga dan dari para ahli dalam hal ini adalah mantan-mantan ABK KRI Nanggala 402 dan juga komunitas kapal selam diyakini bahwa ini adalah barang-barang milik KRI Nanggala,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button