Ekonomi

Ini Bentuk Sinergi Bea Cukai dengan Penegak Hukum Lainnya

INDOPOSCO.ID – Dalam menghadapi pandemi Covid-19, Presiden Jokowi berpesan agar jangan ada egosentrisme antarlembaga. Karena menurutnya, tidak ada lembaga yang lebih penting daripada lembaga yang lain dan semua lembaga hebat jika masing-masing mau bekerja sama.

Hal ini pun yang diyakini Bea Cukai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, sebagai salah satu aparat penegak hukum di Indonesia, instansi ini selalu mengedepankan sinergi antarinstansi. Kepala Seksi Humas, Sudiro, pada Rabu (23/03) menyampaikan hal tersebut sekaligus memaparkan bentuk-bentuk kerja sama dan koordinasi yang dijalin Bea Cukai dengan lembaga penegak hukum lainnya di Indonesia, seperti Polri dan TNI.

Menurut Sudiro, sebagai community protector, Bea Cukai bersinggungan dan bekerja bersama para aparat penegak hukum lain. Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi tersebut, Bea Cukai aktif menjalin sinergi, salah satunya dengan Polri.

“Kunjungan untuk bersilaturahmi dan berkoordinasi kerap dilakukan, seperti yang dilaksanakan Bea Cukai Ternate dengan Polres dan Polairud Ternate, juga Kantor Wilayah (kanwil) Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY dengan Polda Jawa Tengah. Diharapkan dengan adanya koordinasi yang baik dapat menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, aman, dan nyaman. Selain itu, agar pertukaran informasi dan komunikasi terjaga lebih baik dan cepat antara Bea Cukai dan Polri di daerah,” ungkap Sudiro.

Dari pertemuan dengan Polairud Ternate didapatkan informasi bahwa perikanan dan kelautan di Ternate memiliki potensi yang sangat besar, tetapi belum tereksplor dengan optimal. Selain itu, menurut Sudiro kedua pihak juga membahas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

“Ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2014, KEK Morotai dinilai belum mengalami perkembangan yang berarti sejak peresmiannya. Sehingga melalui kunjungan tersebut menjadi momen untuk menjaga dan memperkuat sinergi juga bersama menyelesaikan masalah yang ada,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button