Gaya Hidup

Ini Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cara Dikorek

INDOPOSCO.ID – Gangguan pendengaran pada organ telinga, dapat disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada telinga luar atau adanya bakteri yang bermukim di telinga bagian tengah.

Hal ini umumnya disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Biasanya pada telinga terdapat kotoran atau serumen. Tindakan membersihkan telinga dengan cara dikorek dapat membuat kotoran telinga terdorong masuk jauh ke dalam.

“Tindakan mengorek telinga, selain membuat serumen semakin masuk ke dalam, dikhawatirkan juga akan merusak gendang telinga bahkan sampai robek sehingga pasien akan merasakan berdengung bahkan sampai berair,” jelas dr Arsia Dilla Pramita Sp.THT-KL, melalui aplikasi IG Live di Jambi, Selasa (2/3/2021).

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan yang berpraktek di Siloam Hospitals Jambi ini melanjutkan, tanpa mengorek, kotoran telinga sebenarnya dapat keluar dengan sendirinya pada saat seseorang sedang mengunyah makanan atau berbicara.

Keberadaan serumen ini sebenarnya berfungsi sebagai proteksi yang melindungi telinga dari serangga bahkan kotoran halus. Adapun beberapa gangguan kesehatan telinga bagian luar, tengah dan dalam biasa disebabkan infeksi ataupun virus dan bakteri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button