Nasional

Ini 4 Upaya Pertahankan Penurunan Kasus Covid-19 di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Kasus aktif Covid-19 di Indonesia turun sekitar 25,77 persen selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Namun, jangan membuat semua pihak lengah.

Pemerintah dan masyarakat harus terus meningkatkan kerja sama dan mempertahankan capaian tersebut. Kasus aktif ialah pasien dinyatakan positif Covid-19 dan sedang menjalani perawatan.

“Iyah, tidak boleh lengah,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih
melalui gawai di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian tersebut, masyarakat diminta terus menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta menjauhi kerumunan.

“Paling tidak empat upaya terus komitmen dan konsisten kita lakukan. Pertama, mengatur pembatasan mobilitas warga,” imbaunya.

“Kedua, perkuat 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Ketiga, perkuat tracing dan testing, serta perluas dan percepat vaksinasi,” tambah Daeng.

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah membeberkan, kasus aktif mengalami penurunan setelah puncak lonjakan pada 24 Juli 2021.

“Saat ini puncak kita berada di tanggal 24 Juli dengan angka 574.135 kasus dan kalau kita lihat pasca-24 Juli sudah mulai terlihat penurunan,” beber Dewi, melalui kanal YouTube BNPB, Kamis (12/8/2021).

Penerapan PPKM sejak 3 Juli yang lalu dan dilanjutkan dengan PPKM Level 4 diklaim mampu menurunkan kasus aktif. Pada 11 Agustus, kasus aktif Covid-19 mengalami penurunan 25,77 persen atau menjadi 426.170 kasus.

“Terakhir angka jumlah kasus aktif kita di angka sekitar 426.000, angka ini masih harus tetap harus ditekan,” ujar Dewi. (dan)

Sponsored Content
Back to top button