Nasional

Ini 10 Kiat Deteksi Korupsi di Lembaga Pemerintah

INDOPOSCO.ID – Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh menjelaskan BPKP memiliki program fraud control plan (FCP) dengan 10 kiat mendeteksi korupsi yang dapat diterapkan di kementerian dan lembaga pemerintah pusat serta daerah untuk menghindari terjadinya korupsi serta kecurangan.

“Ini spesial untuk masalah fraud maupun kecurangan, jadi sebagai deteksi serta identifikasi kecurangan-kecurangan yang ada di organisasi,” tutur Ateh dalam Workshop Anti Korupsi bertajuk“ Deteksi dan Pencegahan Korupsi” yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

dia menjelaskan, pertama, organisasi pemerintahan harus memiliki kebijakan anti kecurangan yang ditetapkan secara formal oleh pimpinan tertinggi organisasi. Selanjutnya, organisasi pemerintahan harus memiliki unit kerja yang bertanggung jawab atas pengelolaan strategi pengendalian kecurangan.

Kemudian, standar perilaku serta disiplin dalam organisasi juga mesti dibuat. Di samping itu, organisasi pemerintahan juga perlu memiliki manajemen risiko kecurangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button