Nasional

Ingin Selamatkan Perfilman Nasional, Insan Film Indonesia Surati Jokowi

INDOPOSCO.ID – Insan Film Indonesia menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta dukungan dan bantuan agar mereka bisa kembali berkarya dan membangkitkan industri layar lebar di tengah pandemi Covid-19.

Surat para insan perfilman itu yang dibuat tanggal 5 Maret 2021 itu viral di jagat maya usai diunggah oleh banyak sineas dan insan film Tanah Air di sosial media. Para sineas yang mengunggah surat itu antara lain Mira Lesmana, Hanung Bramantyo, Joko Anwar, Ernest Prakasa, Mawar Eva De Jong, Syakir Daulay, Zaskia Adya Mecca, Dian Sastrowardoyo, dan Adipati Dolken. Selain itu, Rumah Produksi seperti Falcon Pictures dan MD Pictures juga mengunggah surat serupa.

Dalam surat tersebut, Insan Film Indonesia menyampaikan kondisi industri film Tanah Air yang terhantam pandemi Covid-19, dimana puluhan ribu pekerja film kesulitan bertahan hidup akibat terhambatnya proses produksi film.

Bisnis bioskop yang kian lesu meski telah dibuka dengan kapasitas 50 persen juga telah mengancam kelangsungan hidup para karyawan, sementara pembajakan film di tengah pandemi kian merajalela. Insan Film Indonesia menyampaikan kepada Presiden bahwa film turut menyumbangkan kontribusi pada perekonomian dan memberikan kekuatan nilai terhadap identitas dan strategi budaya.

“Sejak Bapak membuka Daftar Negatif Investasi di bidang perfilman di tahun 2016, perfilman Indonesia memasuki era baru dengan jumlah penonton yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan pertumbuhan sebesar 20 persen per tahun selama empat tahun terakhir sebelum pandemi,” bunyi surat tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button