Internasional

Ingin Perbaiki Hubungan, Tiongkok Minta AS Tak Campuri Hong Kong dan Xinjiang

INDOPOSCO.ID – Tiongkok menginginkan perbaikan hubungannya dengan Amerika Serikat (AS) atas dasar saling menghormati kepentingan masing-masing dan tidak lagi mencampuri urusan dalam negeri.

“Kami mendesak AS berhenti mendiskreditkan CPC (Partai Komunis China) dan sistem politik Tiongkok, tidak lagi berkomplot atau mendukung tindakan kelompok separatis untuk kemerdekaan Taiwan, dan menghentikan upaya merongrong kedaulatan China dan keamanan urusan internal terkait Hong Kong, Xinjiang, dan Tibet,” kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat membuka Forum Lanting di Beijing, Senin (22/2/2021), dikutip dari Antara.

Hanya dengan rasa saling menghormati, lanjut dia, hubungan Tiongkok dan AS akan meningkat dalam jangka panjang.

Dalam kesempatan tersebut, Wang Yi menyatakan, Tiongkok sangat menghormati pilihan rakyat AS dan tidak pernah mencampuri urusan dalam negeri mereka.

“Kami tidak pernah berniat menantang atau menggantikan posisi AS. Justru kami siap hidup berdampingan secara damai. Oleh sebab itu kami berharap AS bisa menghormati kepentingan, martabat bangsa, dan hak berkembang bagi rakyat Tiongkok,” ujar Wang Yi yang juga duduk di Dewan Penasihat Pemerintahan Tiongkok itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button