Nasional

Ingin Indonesia Maju, Dirjen Diksi: Para Peneliti Harus Hilirisasi Produk Riset

INDOPOSCO.ID – Indonesia dipastikan maju apabila masing-masing kampus pertahun menghasilkan 20 hingga 30 produk riset yang dihiliisasi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset, Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto dalam acara daring, Rabu (23/6/2021).

Menurut dia, hasil hilirisasi produk riset tersebut harus dirasakan oleh masyarakat dan industri. Untuk mewujudkan itu, maka harus merubah mindset para peneliti (periset).

“Para peneliti ini khususnya dosen-dosen vokasi, karena riset itu untuk menciptakan kreasi produk yang bisa jadi andalan bangsa ini,” terangnya.

Ia mengatakan, hasil produk riset tersebut kemudian bisa menjadi produk yang bisa diekspor ke luar negeri. Kebijakan ini akan bermanfaat, apabila diterapkan pada kenaikan pangkat dosen vokasi.

“Kenaikan pangkat dosen vokasi nanti berdasarkan hasil riset yang dihilirkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Jadi riset kenaikan pangkat bukan cuma disimpan di laboratotium jadi kertas-kertas saja,” tegasnya.

Wikan mengatakan, potensi dosen melakukan produk riset yang dihilirisasi besar. Tentu untuk mendukung hal itu harus ada perubahan pada mindset para dosen dan periset.

“Mereka harus memilik konsep bagaimana memasukkan riset terapan berkolaborasi dengan industri masuk dalam kurikulum dengan projek best learning,” ujarnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button