Internasional

Inggris Sulit Percaya Rusia Tidak Terlibat Insiden Belarus

INDOPOSCO.ID – Inggris pada Senin (24/5) mengatakan sulit untuk percaya bahwa Rusia tidak terlibat, setidaknya dengan persetujuan, dalam insiden jet di wilayah udara Belarus, tetapi London mengaku belum memiliki bukti yang jelas tentang keterlibatan Moskow.

Otoritas Belarus mengerahkan jet tempur dan menyebut apa yang ternyata merupakan peringatan bom palsu untuk memaksa pesawat Ryanair mendarat pada Minggu (23/5) dan kemudian menahan seorang jurnalis yang mendukung oposisi yang berada di dalam pesawat. Peristiwa itu menuai kecaman dari Eropa dan Amerika Serikat.

Saat ditanya di parlemen oleh seorang anggota parlemen tentang kemungkinan keterlibatan Rusia dalam insiden itu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, “Kami tidak memiliki rincian yang jelas tentang itu,” seperti dilansir Antara.

“Saya akan berhati-hati dengan apa yang saya katakan saat ini, karena seperti yang dia katakan, sangat sulit untuk percaya bahwa tindakan semacam ini dapat dilakukan tanpa setidaknya persetujuan dari pihak berwenang di Moskow, tetapi seperti yang saya katakan, masih belum jelas.”

Rusia pada Senin menuduh Barat munafik dalam tanggapannya yang marah atas peristiwa pengalihan sebuah pesawat ke ibu kota Belarus, Minsk. Belum ada bukti yang diterbitkan untuk menunjukkan keterlibatan Rusia dalam insiden tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button