Ekonomi

Industri MICE Di Jakarta Anjlok 95 Persen

INDOPOSCO.ID – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan industri jasa pertemuan bisnis, perjalanan insentif, konvensi, serta pameran (MICE) di Jakarta diperkirakan anjlok lebih dari 95 persen akibat dampak pandemi Covid-19.

“Industri MICE di Jakarta itu turunnya sangat drastis ,” tutur Pengurus Kadin Bidang MICE Wisnu Budi Sulaeman seperti dikutip Antara, Rabu (4/8/2021).

Wisnu yang juga praktisi MICE itu berterus terang industri jasa ini yang sangat terpuruk karena tidak dapat lagi menyelenggarakan pertemuan bisnis, pameran serta perjalanan insentif karena berpotensi menimbulkan kerumunan massa. Tidak hanya itu, lanjut dia, sumber daya manusia (SDM) yang dulunya berkutat mendukung industri jasa itu juga disaat ini banyak yang menganggur karena terhentinya aktivitas usaha.

Dampaknya, tutur dia, tidak hanya dirasakan industri MICE tetapi pelaku usaha dari multi sektor sebagai pendukung kegiatan di antaranya pangan, ekonomi kreatif, transportasi, sanitasi, kesehatan hingga usaha kecil lainnya.

Anjloknya usaha MICE, lanjut dia, menyebabkan para pelaku usaha tidak mampu lagi membayar bunga bank. Walaupun sudah ada kebijakan restrukturisasi kredit, namun dia menilai belum dilakukan secara terstruktur baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button