Ekonomi

Indonesia-UEA Perkuat Kerja Sama Bidang Ekonomi Kreatif

INDOPOSCO.ID – Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepakat melakukan kerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA) dalam pengembangan ekonomi kreatif, khususnya di subsektor arsitektur, fesyen, desain, seni rupa, dan publikasi.

“Saya yakin bahwa ikatan bilateral Indonesia dan Uni Emirat Arab akan makin kuat karena ada perjanjian G-to-G yang ditandatangani hari ini, dua di antaranya adalah kerja sama di bidang ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dilansir Antara, Jumat (5/3/2021).

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Kebudayaan dan Pemuda UEA Noura bint Mohammed Al Kaabi yang diselenggarakan secara hybrid dari Manado dan Abu Dhabi.

Penandatanganan MoU juga disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis, dan Menteri Energi dan Infrastruktur UAE Suhail Mohamed Faraj Al Mazrouei dalam acara “Indonesia-Emirates Amazing Week (IEAW) 2021 di Jakarta.

IEAW 2021 diinisiasi oleh KBRI Abu Dhabi bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan berbagai kementerian/lembaga terkait sebagai upaya dalam meningkatkan kerja sama di berbagai bidang antara kedua negara.

Pembahasan MoU Ekraf telah dirintis sejak penyelenggaraan World Conference on Creative Economy (WCCE) 2018 di Bali yang merupakan konferensi pertama tingkat dunia di bidang ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Indonesia sebagai payung hukum penyelenggaraan WCCE kedua di Dubai yang direncanakan berlangsung pada bulan Desember 2021 dalam rangkaian World Expo 2021.

Selain penandatanganan MoU bidang ekonomi kreatif, di acara IEAW 2021 juga dilakukan penandatanganan Technical Arrangement WCCE 2021 (TA WCCE 2021) oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya dengan Undersecretary MCY (Ministry of Culture and Youth) UAE Mubarak Al Nakhi secara virtual.

TA WCCE 2021 bertujuan untuk mendefinisikan peran dan tanggung jawab di antara para pihak terkait dengan persiapan dan penyelenggaraan WCCE 2021.

Sandiaga mengatakan bahwa Indonesia selaku pionir penyelenggaraan WCCE merasa bangga atas rencana UEA untuk menyelenggarakan WCCE berikutnya di Dubai dalam rangkaian World Expo 2021.
Oleh karena itu, baik MoU maupun Technical Arrangement dokumen WCCE sebagai momentum yang pas dengan situasi saat ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button