Internasional

Indonesia Minta Dukungan EU Wujudkan Kemerdekaan Palestina

INDOPOSCO.ID – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan harapannya kepada Uni Eropa (EU) agar mendukung dan mewujudkan kemerdekaan Palestina, setelah hampir dua pekan gencatan senjata tercapai antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina.

Hal tersebut disampaikan Menlu Retno dalam pertemuan dengan Perwakilan Tinggi EU untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

“Mengenai Palestina, kami sempat bertukar pikiran dan posisi Indonesia adalah satu, menyambut baik gencatan senjata dan berharap semua pihak berkomitmen untuk menjaga situasi yang kondusif,” kata Retno seperti dikutip Antara.

Menlu Retno menegaskan pentingnya mencegah terjadinya kembali lingkaran kekerasan, dengan menyelesaikan isu utama yaitu mengakhiri penjajahan Israel atas Palestina. “Melalui negosiasi yang kredibel untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara dan parameter yang telah disepakati secara internasional,” tutur dia.

Menyuarakan pandangan yang sama tentang solusi dua negara, perwakilan tinggi EU Josep Borrell mengharapkan prinsip tersebut tidak hanya terus diulang sebagai sebuah retorika, tetapi harus dapat diterjemahkan ke dalam tindakan nyata.

“Jika kita benar-benar yakin ini adalah solusi, kita harus lebih aktif untuk mendorong solusi ini menjadi kenyataan dan bukan kalimat yang sebenarnya tidak membuat perbaikan bagi bangsa Palestina,” kata Borrell.

Lebih lanjut, Borrell menjelaskan bahwa gencatan senjata ini menjadi momentum yang baik untuk para pihak saling bekerja dan terlibat dalam upaya baru untuk proses pemeliharaan perdamaian dan negosiasi di Timur Tengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button