Nasional

Indonesia – India Jajaki Kerja Sama di Bidang Pendidikan Tinggi

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia menjalin kerja sama di bidang pendidikan tinggi dengan negara India. Kolaborasi antarkedua negara menawarkan model pembelajaran pengembangan mahasiswa di luar program studi (Prodi).

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) Prof Nizam dalam keterangan, Rabu (14/7/2021).

Menurut dia, tujuan program tersebut untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lebih agile, adaptif, kreatif, inovatif dalam menghadapi tantangan di abad 21.

Lebih jauh dia mengungkapkan, dalam program Kampus Merdeka, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman pembelajaran melalui delapan kegiatan di luar kampus.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, di antaranya pertukaran pelajar, magang, penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan kewirausahaan, asisten pengajar, kuliah kerja nyata (KKN), dan proyek mandiri.

Nizam menjelaskan, delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi sebagai akselerator dalam implementasi Kampus Merdeka. Dalam delapan IKU tersebut, menurut Nizam, menekankan pentingnya melakukan kerja sama dengan universitas di luar negeri.

“Penting bagi kita untuk melakukan kerja sama antara prodi universitas di Indonesia dengan prodi universitas di luar, seperti India. Ini agar kita memiliki hubungan yang lebih erat antar kedua negara,” terangnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button