Olahraga

Indonesia Harus Lihat Kemajuan Sepak Bola dari Filosofi Pohon

INDOPOSCO.ID – Kekalahan tim nasional (timnas) Indonesia dari Vietnam pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6) membuat para penggemar kecewa. Skuad Garuda masih nihil kemenangan dari tujuh pertandingan di Grup G.

Kekalahan tersebut membuat Egy Maulana dan kawan-kawan semakin terbenam di dasar klasemen dengan satu poin. Sedangkan Vietnam berada di puncak dengan raihan 14 poin dari enam pertandingan.

Aktor yang juga presenter olahraga Ibnu Jamil mengakui kekuatan pemain Vietnam dalam laga tersebut. Tim berjuluk The Golden Stars itu dinilai telah berproses dengan baik.

“Kecewa pasti, tapi ngga bisa dipungkiri Vietnam lebih siap dan kuat. Mereka sudah lama bermain bersama dan sepakbola ngga ada yang instant,” kata Ibnu Jamil kepada INDOPOSCO melalui gawai di Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Ia mengibaratkan kemajuan sepak bola itu seperti filosofi pohon. Dari mulai sistem tanam, kondisi tanah, tanaman hingga masa panen tiba. Proses tersebut masih membutuhkan waktu.

“Intinya Indonesia harus lihat kemajuan sepakbola dari filosofi pohon. Tanam, rawat dan petik buah. Kita Nikmati aja prosesnya. Tapi kapan ya petik buahnya,” ujar Ibnu.

Selain itu, liga profesional level teratas di Tanah Air belum menghasilkan pemain yang mampu berkiprah di kancah Internasional. Para pemain diyakini memiliki potensi.

“Liganya tidak bergizi. Cuma ramai di dalam negeri. Tapi kalau bicara output-nya Liganya tidak menghasilkan pemain yang bisa bersaing di level luar Indonesia,” ujarnya.

Meski beberapa pemain Indonesia tampil di luar negeri. Sebut saja, Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulicia) dan Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk).

Namun mereka tidak lahir di Liga 1 Indonesia. Sebagian besar mereka justru mendapat kontrak di luar negeri. Kemudian mereka datang ketika Timnas Indonesia membutuhkan pemain.

“Sejauh ini harusnya kontribusi Liga utama itu untuk melahirkan pemain yang berkuaalitas. Yang memudahkan bagi pelatih melirik sesuai kebutuhan si pelatih,” tandas pria berusia 39 tahun itu .

Laga timnas Indonesia vs Vietnam yang digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, pada Senin (7/6/2021) malam WIB, berakhir dengan skor 0-4.

Vietnam menang berkat empat gol yang dicetak oleh Nguyen Tien Linh (51′), Nguyen Quang Hai (62′), Nguyen Phuong Cong (67′) dan Van Thanh Vu (72′). (dan)

Sponsored Content
Back to top button