Internasional

Indonesia Aktif Damaikan Pihak Berkonflik di Myanmar

INDOPOSCO.ID – Indonesia tengah menjalin komunikasi dengan pihak-pihak yang terlibat konflik politik di Myanmar, pasca kudeta yang dilakukan militer terhadap pemerintah sipil negara tersebut pada 1 Februari lalu.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, komunikasi intensif terus dilakukan Indonesia baik dengan pihak militer maupun dengan CRPH, yaitu komite parlementer yang didominasi oleh anggota partai pemenang pemilu, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi.

CRPH dibentuk dan dideklarasikan setelah kudeta untuk melawan kekuasaan militer.

“Dalam kondisi sulit, komunikasi dengan semua pihak harus tetap dilakukan agar pesan dapat disampaikan, agar kontribusi dapat ditawarkan sehingga situasi tidak memburuk dan upaya penyelesaian dapat dilakukan,” kata Menlu Retno dalam taklimat media seperti dilansir Antara Rabu (24/2/2021).

Komunikasi dengan semua pihak, menurut Retno, harus diletakkan dalam kerangka memberikan kontribusi bagi penyelesaian masalah demi keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar.

“Keinginan rakyat Myanmar harus didengarkan,” tutur Retno.

Indonesia telah memimpin upaya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk membantu penyelesaian krisis politik di Myanmar, dengan melakukan diplomasi ulang alik (shuttle diplomacy) ke sejumlah negara ASEAN.

Kunjungan tersebut telah dilakukan Menlu RI, antara lain ke Singapura dan Brunei Darussalam pekan lalu, dan dilanjutkan ke Thailand pada Rabu (24/2/2021).

Di Thailand, Menlu Retno berkesempatan melakukan pertemuan singkat dengan menteri luar negeri yang ditunjuk militer Myanmar Wunna Maung Lwin guna menyampaikan posisi dan perhatian Indonesia terkait perkembangan situasi di negara tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button