Internasional

India Stop Ekspor, Negara Berebut Vaksin

INDOPOSCO.ID – Beberapa negara Asia bergegas mencari sumber alternatif untuk mendapatkan vaksin Covid-19 setelah India membatasi ekspor, yang menyebabkan program berbagi vaksin global COVAX kekurangan pasokan.

Korea Selatan, Indonesia, dan Filipina termasuk di antara negara-neara yang terkena penundaan pengiriman vaksin yang telah dijanjikan di bawah program COVAX, yang dibuat terutama untuk memastikan pasokan ke negara-negara miskin.

“Peningkatan vaksinasi harian kami yang telah direncanakan akan terpengaruh,” kata Carlito Galvez, kepala program vaksinasi Filipina seperti dikutip Antara, Selasa.

India, pembuat vaksin terbesar di dunia, menghentikan sementara ekspor vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh Serum Institute of India (SII), karena para pejabat fokus untuk memenuhi permintaan domestik yang meningkat.

The Serum Insitute akan mengirimkan 90 juta dosis vaksin untuk COVAX selama Maret dan April. Meskipun belum jelas berapa banyak dosis yang akan dialihkan untuk penggunaan domestik, fasilitator program memperingatkan bahwa penundaan pengiriman tidak bisa dihindari.

Korea Selatan mengonfirmasi hanya akan menerima 432.000 dosis dari 690.000 dosis yang telah dijanjikan dan pengirimannya akan ditunda hingga sekitar minggu ketiga bulan April.

“Ada ketidakpastian atas pasokan vaksin global tetapi kami sedang mengerjakan rencana untuk memastikan tidak ada gangguan pada kuartal kedua dan melakukan upaya untuk mengamankan lebih banyak vaksin,” ujar Kim Ki-nam, kepala tim satuan tugas vaksinasi Covid-19 Korea Selatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button