Internasional

India Khawatir dengan Rencana Penarikan Pasukan Amerika di Afghanistan

INDOPOSCO.ID – India prihatin tentang kekosongan yang berkembang di Afghanistan, menyusul usulan penarikan pasukan Amerika Serikat dan NATO dari negara itu. Mereka khawatir para pengganggu akan menciptakan kekacauan di sana.

Kepala Staf Pertahanan India, Jenderal Bipin Rawat menyatakan kekhawatiran tentang “para pengganggu” akan masuk ke ruang yang diciptakan akibat penarikan pasukan asing dari Afghanistan. Dia menolak menyebutkan negara mana yang ia maksud.

“Kekhawatiran kami adalah bahwa kekosongan yang akan diciptakan oleh penarikan pasukan Amerika Serikat dan NATO seharusnya tidak menciptakan ruang bagi para pengganggu,” kata Rawat seperti dikutip Antara, Kamis (15/4/2021).

Kekhawatiran besar India adalah bahwa ketidakstabilan di Afghanistan dapat meluas ke wilayah berpenduduk mayoritas Muslim di Kashmir, tempat India memerangi militan selama tiga dekade.
India juga prihatin bahwa saingan berat Pakistan akan mendapatkan pengaruh yang lebih besar di Afghanistan karena hubungannya yang lama dengan kelompok Taliban, yang diperkirakan akan memainkan peran dominan setelah hengkangnya pasukan AS. “Ada banyak orang yang mencari kesempatan untuk masuk ke ruang yang sedang dibuat,” kata Rawat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button