Nasional

Impor Vaksin Jalur Multilateral, Bea Cukai Soekarno-Hatta Berikan Pelayanan Profesional

INDOPOSCO.ID – Dalam memerangi pandemi yang berdampak secara global, dibutuhkan komitmen bersama antar negara. Seperti halnya Pemerintah Indonesia yang kembali berhasil mendatangkan vaksin Covid-19 yang diperoleh melalui jalur kerja sama multilateral. Sebanyak 3,8 juta dosis vaksin yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada hari Senin (26/4/2021), impor secara langsung diberikan percepatan pelayanan oleh Bea Cukai Soekarno-Hatta.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, yang didampingi Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Arianti Anaya, Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta Finari Manan, serta jajaran pimpinan komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombatta), secara simbolis menerima vaksin siap pakai, yang diproduksi oleh perusahaan farmasi AstraZeneca.

Finari Manan memaparkan secara rinci, bahwa sebanyak 3.852.000 vial dosis Vaksin AstraZeneca ini diterbangkan menggunakan maskapai penerbangan Emirates Airlines EK-9258 dan tiba di Indonesia pukul 18:40 WIB. Setelah pembongkaran muatan di apron selesai, vaksin kemudian dibawa langsung ke gudang Rush Handling untuk dilakukan pemeriksaan dan diberikan pelayanan segera oleh petugas Bea Cukai.

Terkait layanan Rush Handling atau Pelayanan Segera, perlu diketahui bahwa pengertian sesuai Peraturan Menteri Keuangan No 148/PMK.04/2007, adalah pelayanan kepabeanan yang diberikan atas barang impor tertentu yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera untuk dikeluarkan dari kawasan pabean atau bandara, seperti halnya vaksin yang menjadi kebutuhan mendesak di masa pandemi ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button