Nasional

Ilham Habibie: SNI Penting untuk Tata Kelola TIK

INDOPOSCO.ID – Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional (WANTIKNAS) Ilham Akbar Habibie mengatakan bahwa Standar Nasional Indonesia (SNI) memiliki peran penting sebagai alat (tools) kebijakan pemerintah dalam mewujudkan tata kelola teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang baik.

“Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai upaya mendasar dan menyeluruh dalam akselerasi pencapaian birokrasi berkelas dunia akan terwujud apabila TIK di pemerintahan dikelola dengan baik,” kata Ilham dalam seminar daring, dikutip dari Antara, Sabtu (1/5/2021).

“Indonesia sebagai anggota dari International Organzation for Standardization (ISO) dan juga International Electrotechnical Commission (IEC) sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO/IEC 38500:2016 yang yang mengatur tata kelola TI di dalam Organisasi,” ujarnya melanjutkan.

Lebih lanjut, Ilham memaparkan bahwa Permen Kominfo 41/2007 telah dicabut dalam rangka simplifikasi regulasi dengan penerbitan Permen Kominfo 18/2018 tentang Pencabutan 33 Permen Kemkominfo.

“Pencabutan panduan Tata Kelola TIK Nasional dan telah diadopsinya standar internasional menjadi SNI perlu disinergikan, agar penyelenggaraan tata kelola TIK memiliki panduan dan berjalan terpadu,” kata dia.

Menambahkan, Direktur Pengembangan Standar Mekanika Energi, Elektronika, Transportasi, dan Teknologi Informasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) Yustinus Kristianto Widiwardono, mengatakan penerapan SNI ISO/IEC 38500:2016 (Teknologi informasi – Tata kelola TI untuk organisasi) mendukung implementasi SPBE.

“Standar ini menyediakan prinsip-prinsip panduan bagi para penanggung jawab tata kelola dari organisasi (yang dapat meliputi pemilik, direksi, partner, manajer eksekutif, atau yang sejenis) tentang bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) yang efektif, efisien, dan layak dalam organisasi mereka,” kata Yustinus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button