Headline

IDI Minta Dokter Indonesia Siaga Covid Hingga Akhir Juli

INDOPOSCO.ID – Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Daeng M Faqih, mengimbau seluruh dokter di Indonesia untuk bersiap siaga hingga akhir Juli 2021 menghadapi kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 usai libur Lebaran 2021.

“Kami imbau seluruh dokter di Indonesia siap siaga sampai akhir Juli 2021 dan hati-hati kalau tenaga mereka dibutuhkan. Kami berdoa agar lonjakan tidak sampai seperti di Januari 2021,” kata Daeng seperti dikutip Antara, Kamis (27/5/2021).

Imbauan itu disampaikan Daeng kepada sekitar 200 ribu dokter yang tergabung dalam Forum Gerakan Dokter Nusantara agar seluruhnya mengerahkan daya dan upaya untuk menangani Covid-19 saat muncul lonjakan.

“Kami tidak hanya mengandalkan dokter spesialis tertentu yang jumlahnya terbatas seperti spesialis paru, anastesi dan lainnya. Sebab kalau terjadi lonjakan, mereka tidak akan mampu,” katanya.

Untuk itu PB IDI telah mengeluarkan kebijakan agar seluruh dokter di Indonesia bisa menangani kasus Covid-19 melalui pelatihan. “Tentunya tidak semua dokter bisa tangani Covid-19 secara spesifik seperti memasang alat inkubasi, ventilator masih pada kompetensi dokter tertentu yang secara teknis menguasai,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button