Nasional

IDI: Ivermectin untuk Covid-19 Tunggu Hasil Penelitian

INDOPOSCO.ID – Penggunaan ivermectin untuk pengobatan Covid-19 menuai pro dan kontra. Ketua Satuan Tugas (Stagas) Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubair Djoerban mengatakan, penggunaan ivermectin harus menunggu hasil penelitian.

Sebab, menurut dia, ivermectin di banyak negara oleh WHO tidak boleh diberikan untuk pengobatan. Namun ada beberapa penilitian penggunaan ivermectin ada gunanya.

“Kemungkinan ini tengah diuji kebenarannya. Selama belum ada bukti ilmiah penelitian, tunda dulu ivermectin untuk pengobatan,” kata Prof Zubair Djoerban dalam acara daring, Minggu (25/7/2021).

Ia menjelaskan, dokter bekerja berdasarkan petunjuk dari perhimpunan-perhimpunan profesi. Untuk menjaga keselamatan, maka, menurutnya, penggunaan ivermectin harus ditunda dulu.

“Mohon kepada dokter Indonesia untuk bekerja sesuai petunjuk perhimpunan profesi seperti ikatan dokter Indonesia (IDI),” katanya.

“Ivermectin ini belum terbukti untuk pengobatan Covid-19 dan belum terbukti bermanfaat. Jadi tunggu dulu dan lihat hasil penelitian,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pentingnya edukasi bagi masyarakat terkait penggunaan obat bagi pengobatan Covid-19. Karena, sebelumnya juga terdapat jenis obat yang diklaim bisa digunakan untuk pengobatan Covid-19. (nas)

Sponsored Content
Back to top button