Nasional

IAKMI: New Normal Adalah Berdamai dengan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Hidup dengan adaptasi baru itu hidup berdampingan dengan Covid-19. Pernyataan tersebut diungkapkan Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra dalam acara daring, Sabtu (14/6/2021).

Dia mengatakan, kebijakan hidup berdampingan dengan Covid-19 tersebut harus disosialisasikan secara masif kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat menyalahartikan kebijakan tersebut dengan hidup tanpa menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Sebenarnya kita sudah lama hidup berdampingan dengan penyakit yang lebih menular dan lebih tinggi mortalitasnya. Ada HIV, Malaria, TBC dan lainnya,” katanya.

anymind

“Penyakit-penyakit ini sudah endemik, tapi lebih terkendali dan ada mitigasinya,” imbuhnya.

Ia mengatakan, ada dua hal yang harus diantisipasi pada penanganan Covid-19. Yakni pengendalian kasus Covid-19 itu sendiri dan edukasi penanganan berkelanjutan.

“Jadi hidup berdamai dengan Covid-19 itu apa? Sebaiknya gunakan yang sudah ada hidup dengan kebiasaan baru atau new normal dengan Covid-19,” ucapnya.

“Ini seolah pemerintah menyerah, kalau hidup berdampingan kasus aktif masih lebih dari 400 ribu, sementara kasus suspect lebih dari 200 ,” imbuhnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button