Headline

IAI: Jual Beli Azithromycin Secara Bebas Langgar Peraturan

INDOPOSCO.ID – Pendiri Yayasan Orangtua Peduli (YOP) dr. Purnamawati Sujud mengatakan, edukasi literasi konsumen kesehatan harus terus dilakukan kepada masyarakat. Sebab, konsumen kesehatan memiliki peran penting untuk membantu meningkatkan layanan kesehatan.

“Kami aktif melakukan edukasi seperti penggunaan obat tradisional. Salah satunya penggunaan obat antibiotik yang bijak,” kata Purnamawati Sujud dalam acara daring, Minggu (18/7/2021).

Penggunaan obat antibiotik, menurut dia, tidak akan bisa membunuh virus. Pada kasus pasien Covid-19, pemberian Azithromycin memiliki efek memperkuat sistem imunitas.

“Ini menurut sebagian pendapat dari para peneliti, tapi tidak ada bukti yang menyokong pendapat tersebut,” katanya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, pemberian Azithromycin pada kondisi pasien tertentu bisa diberikan untuk pencegahan. Seperti pasien pascaoperasi di kepala, jantung atau operasi yang tercemar atau kotor (operasi usus).

“Yang membuat kami prihatin, Azithromycin dibeli bebas atau dijual online. Padahal itu tidak sesuai dengan peraturan,” ungkapnya.

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) sudah mencanangkan obat antibiotik tidak boleh dijual atau dibeli secara bebas sejak lama. Persepsi yang berkembang di masyarakat belakang Azithromycin bisa mengobati Covid-19.

“Padahal itu tidak ada hubungannya,” ucapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button