Gaya Hidup

Hoaks Lima Fakta Susu Kental Manis Tak Boleh Diseduh Air Panas

INDOPOSCO.ID – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) langsung mengambil sikap dengan melakukan klarifikasi atas munculnya berita bohong atau hoaks di media sosial Facebook terkait lima fakta susu kental manis tak boleh diseduh air panas.

Ini dilakukan sebagai bentuk pencerahan terhadap publik yang sempat dibuat heboh terkait imbauan BPOM yang dikutip secara tidak akurat atas praktik konsumsi produk susu kental manis tersebut. Dalam narasi tersebut dicitrakan seolah informasi ini didapat dari Deputi Bidang Badan Pengawas Pangan Olahan, Rita Endang, sehingga dianggap valid.

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan stories di Facebook yang mengatakan susu kental manis tidak boleh diseduh air panas itu dinyatakan tidak sesuai dengan fakta. Sebab berbeda dengan isi dari peraturan yang dikeluarkan BPOM nomor 31 tahun 2018.

Pemerhati Budaya dan Komunikasi Digital, Pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, Firman Kurniawan Sujono menegaskan, langkah BPOM yang langsung memberikan klarifikasi atas informasi hoaks itu sangat tepat. Banyak beredar informasi hoax yang mencari keuntungan, informasi sebagai social currency atau mata uang sosial.

“Dengan menyebarluaskan isu bahwa susu kental manis tidak boleh diseduh dengan air panas dan sebagainya, mungkin ada orang lain yang merasa mendapatkan manfaat meskipun informasi ini keliru, sesat dan bagi orang-orang yang tidak mengkaji lebih dalam ini merupakan hal yang penting sehingga yang menyebarkan informasi juga menjadi penting,” ujar Dosen Ilmu Komunikasi yang juga mengajar di Universitas Katolik Atma Jaya dan Universitas Paramadina, seperti dikutip, Rabu (13/10/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button