Nasional

HLH Jadi Momentum Menjaga dan Merawat Lingkungan

INDOPOSCO.ID – Merawat lingkungan menjadi tanggung jawab manusia. Di Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia menjadi alarm bagi umat manusia untuk menjaga lingkungan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ketua Umum dewan pimpinan pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) KH Chriswanto Santoso dalam keterangan, Senin (7/6/2021).

Menurut dia, lingkungan merupakan pendukung kehidupan di muka bumi. “Kerusakan ekosistem akan menjadi petaka bagi siapapun yang berada dalam lingkup ekosistem itu. Jadi memanfaatkan alam untuk kesejahteraan boleh, tapi merawatnya pun wajib,” terangnya.

Upaya LDII di bidang lingkungan, menurutnya, diwujudkan dengan beberapa kegiatan. Salah satunya gerakan Go Green bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur pada 2008.

Selain itu, pengolahan limbah di pesantren Minhajusshobirin, Jakarta Timur, bekas air wudlu dimanfaatkan sebagai bahan dasar aquaponik.

Sementara itu, Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Sudarsono mengatakan, untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pihaknya akan melaksanakan berbagai kegiatan.

“Kegiatan kampanye di media sosial tentang Hari Lingkungan Hidup salah satunya. Kemudian gerakan sadar lingkungan dan penanganan sampah rumah tangga pada era pandemi Covid-19,” katanya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button