Nusantara

Hingga Triwulan III, Pendapatan Sektor Pajak Kota Serang Capai Rp70,7 Miliar

INDOPOSCO.ID – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak di Kota Serang hingga triwulan III tercapai 49,44 persen dari yang ditargetkan Rp143,1 miliar. Penagihan terus dikebut demi mengoptimalkan pendanaan pembangunan daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang, W. Hari Pamungkas mengatakan, capaian PAD dari sektor pajak sebanyak Rp70,7 miliar. Jumlah itu didapatkan berdasarkan catatan pertengahan bulan Juli 2021.

“Pajak daerah sesuai data yang diterima pertengahan Juli, sudah mencapai angka Rp70,7 miliar. Kalau dibandingkan dengan target pajak satu tahun yaitu Rp143,1 miliar, itu mencapai 49,44 persen,” katanya, Sabtu (31/7/2021).

Ia mengaku sepanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), berdampak pada pembayaran pajak pada sektor hotel, restoran dan cafe.

“kami melakukan penagihan dan peningkatan layanan untuk mendongkrak itu. Kecenderungan masyarakat selama pandemi ini melepas aset propertinya, aset untuk mendapatkan uang,” ungkapnya.

Menurutnya, pendapatan setiap bulan dari pajak rata-rata dari Rp7 miliar sampai Rp11 miliar. Untuk mempermudah pembayaran, pihaknya mengembangkan channel online sebagai bentuk pelayanan.

“Kami optimalkan pajak terkait properti, PBB, BPHTB, reklame, PPJ. Itu untuk menutupi pajak koreka. Kami menerbitkan relaksasi untuk penghapusan denda,” terangnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button