Internasional

Heboh, Ditemukan Batu Kuno Usia 20.000 Tahun di China

INDOPOSCO.ID – Sebuah artefak batu langka berusia sekitar 20.000 tahun ditemukan di Provinsi Jilin, Tiongkok timur laut. Sejumlah ahli menyatakan, penemuan ini memberikan petunjuk tentang metode pembuatan perkakas batu setempat selama periode Paleolitik.

”Artefak itu berupa inti bilah berbentuk kerucut dengan panjang 53 centimeter (cm) dan bobot 16,3 kilogram (kg). Diameter maksimum kerucut mencapai 16 cm,” papar Xu Ting, seorang ahli dari institut peninggalan budaya dan arkeologi Provinsi Jilin.

Terbuat dari bahan obsidian, atau biasa disebut kaca vulkanik, artefak tersebut memiliki 14 bekas goresan akibat pengelupasan batu buatan.

Artefak ini kali pertama ditemukan di sebuah lokasi pembangunan di Kota Helong, yang terletak di kaki timur Pegunungan Changbai. Kini, benda prasejarah tersebut menjadi bagian dari koleksi sementara di museum Kota Helong.

“Inti litik ini merupakan kerajinan halus dan memiliki nilai penting dalam memahami metode pembuatan perkakas batu di wilayah Pegunungan Changbai selama periode Paleolitik,” kata Zhang Fuyou, salah seorang peneliti di institut budaya dan sejarah Provinsi Jilin dilansir Xinhua melalui Antara. (aro)

Sponsored Content
Back to top button