Nasional

Hebat! Mahasiswa Ini Buat Hand Sanitizer dari Cangkang Udang

INDOPOSCO.ID – Hampir satu tahun Indonesia menghadapi wabah pandemi Covid-19. Jumlah pasien positif Covid-19 terus bertambah. Berdasarkan data dari website resmi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada 29 Januari 2021 jumlahnya sekitar 1,037,993 orang.

Berangkat dari keresahan tersebut, sejumlah penggiat dan pemerhati kesehatan berlomba-lomba mencari solusi untuk mencegah penularan virus Covid-19. Tak ketinggalan Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FMIPA UI pun membuat langkah untuk membantu pencegahan dan penyebaran virus Covid-19 dengan cara membuat hand sanitizer dari limbah cangkang udang.

Pada umumnya komposisi utama hand sanitizer adalah alkohol dan turunannya dengan kandungan yang cukup tinggi sekitar 60 persen-80 persen. Tingginya kandungan alkohol dapat menyebabkan tangan kita menjadi kering dan mudah iritasi terutama pada kulit yang sensitif seperti pada kulit anak-anak, selain itu alkohol juga merupakan bahan yang mudah terbakar sehingga sangat beresiko jika penggunaannya tidak hati-hati.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button