Headline

IPW Ingatkan Polri soal Aksi Teroris ‘Lone Wolf’ Jelang 10 Desember

INDOPOSCO.ID – Indonesia Police Watch (IPW) menduga bom bunuh diri di Mapolsek Astanaanyar, Bandung dilakukan oleh pelaku teror yang bergerak sendiri atau lone wolf, untuk itu Polri diimbau mewaspadai aksi tersebut menjelang tanggal 10 Desember 2022.

“IPW menduga pelaku adalah lone wolf, pelaku teror yang bergerak sendiri yang terinspirasi faham teroris dan bergerak perorangan,” kata Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Menurut Sugeng, Polri harus mewaspadai gerakan lone wolf tersebut di seluruh wilayah Indonesia. Terlebih di Jawa Tengah, menjelang tanggal 10 Desember 2022, hari pernikahannya anak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut, kata dia, dikarenakan di acara itu akan terjadi pemusatan tokoh-tokoh nasional. Sehingga pengaman harus ketat.

“Keberhasilan Densus 88 menangkap empat terduga teroris di Sukoharjo, Jawa Tengah, wilayah dekat dengan perhelatan pernikahan anak Presiden patut diapresiasi sehingga lone wolf bergerak ke wilayah Jawa Barat,” ujar Sugeng.

bom bandung
Polisi melakukan penjagaan di sekitar Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Rabu (7/12/2022). Foto: Antara/Bagus Ahmad Rizaldi

Untuk mencegah kejadian serupa tak terulang lagi, menurut Sugeng perlu diperkuat peran Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas).

“Peran Bhabinkamtibmas dengan program Polmas harus diperkuat untuk mendeteksi dini potensi pergerakan lone wolf di sekitar warga,” ucap Sugeng.

Mabes Polri menyatakan ledakan di Mapolsek Astanaanyar, Bandung diduga berasal dari bom bunuh diri. Pelaku dinyatakan tewas di tempat kejadian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button