Headline

Korlantas Siap Memaksimalkan Tilang Elektronik

INDOPOSCO.ID – Direktur Penegak Hukum Korps Lalu Lintas (Dirgakkum Korlantas) Polri Brigjen Aan Suhanan menyampaikan pihaknya akan memaksimalkan peran tilang elektronik (ETLE) statis dan mobile.

Kesiapan Korlantas dalam memaksimalkan peran ETLE itu dapat dilihat dari jumlah ETLE statis dan mobile yang mereka miliki.

“Korlantas Polri sampai saat ini sudah memiliki 280 lebih ETLE statis dan 800 lebih ELTE mobile untuk menilang pelanggar lalu lintas. Di samping itu, Korlantas juga memiliki 50 ETLE mobile yang terintegrasi dengan mobil,” ujar Aan seperti dikutip Antara, Sabtu (22/10/2022).

Aan menegaskan bahwa meskipun tilang manual ditiadakan, penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas akan tetap dilaksanakan oleh Korlantas Polri. Penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan yang ada sekaligus memberikan perlindungan dan keselamatan bagi masyarakat yang berlalu lintas di jalan.

Baca Juga : Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Ditetapkan Jadi Permanen

“Contohnya, aturan tentang penggunaan helm. Itu kan untuk melindungi masyarakat atau pengguna kendaraan bermotor roda dua sehingga tidak menimbulkan fatalitas yang tinggi ketika terjadi kecelakaan,” ujar Aan.

Kemudian, ia juga menyampaikan penyelesaian penegakan hukum terdiri atas dua cara, yaitu secara justitia dan non justitia. “Justitia artinya penyelesaiannya melalui proses hukum sampai vonis pengadilan, sedangkan non justitia adalah penegakan hukum dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya patuh dan taat terhadap peraturan perundang undangan untuk perlindungan dan keselamatan masyarakat sendiri, memberikan sosialisasi, dan teguran kepada para pelanggar,” jelas Aan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button