Headline

Pemerintah Harus Prioritaskan Bantalan Sosial Ketimbang Subsidi BBM

INDOPOSCO.ID – Mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menyatakan kebijakan bantalan sosial lebih tepat ketimbang subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

“Kita sebaiknya menatap ke depan untuk tidak lagi selalu terganggu dengan isu naik tidaknya BBM atau perlu ditambah atau tidak subsidi. Akan lebih baik jika pemerintah mengubah model intervensi, tak lagi mensubsidi harga,” kata Bambang Brodjonegoro dalam Webinar Nasional Moya Institute bertajuk “Penyesuaian Harga BBM: Problem atau Solusi” seperti dikutip Antara, Jumat (2/9/2022).

Ia berpandangan subsidi BBM lebih rentan jadi bantuan tepat sasaran akibat banyaknya masyarakat Indonesia yang sudah memiliki mobil namun masih menggunakan bahan bakar bersubsidi.

Sistem bantuan sosial yang langsung tepat sasaran, ucapnya lebih relevan ketimbang suntikan subsidi barang, seperti bahan bakar minyak (BBM). Semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, seyogianya mengubah paradigma dari subsidi untuk barang atau produk jadi bantuan langsung tepat sasaran. “Mumpung data (kependudukan) sudah lengkap,” ujar Bambang.

Baca Juga: Stafsus BUMN Imbau Publik Jangan Panik Soal BBM Subsidi

Terkait rencana penyesuaian harga BBM, pemerintah maupun Pertamina didorong melakukan komunikasi publik yang baik untuk menjelaskan harga keekonomian dihadapkan dengan kemampuan daya beli masyarakat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button