Headline

Musim Hujan Diprakirakan Datang Lebih Awal di 325 Zona Musim

INDOPOSCO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan musim hujan 2022-2023 datang lebih awal dari normalnya di 325 zona musim atau 46,5 persen dari 699 zona musim yang ada di Indonesia.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (31/8), Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan musim penghujan di sebagian Pulau Sumatera bagian selatan dan sebagian Pulau Jawa diprakirakan datang lebih awal dari normal.

Di sebagian Pulau Kalimantan bagian timur, sebagian Bali, Nusa Tenggara Barat, sebagian Nusa Tenggara Timur, sebagian Pulau Sulawesi, Maluku Utara bagian selatan, Maluku bagian barat, serta Papua bagian barat dan selatan musim hujan juga diprakirakan tiba lebih awal dari normal.

Baca Juga : Enam Wilayah di NTT Terancam Bencana Kekeringan

“Ada juga yang sama dengan normalnya sebanyak 17,9 persen (zona musim) dan ada yang mundur atau lebih lambat dibandingkan normalnya sebanyak 10,8 persen,” ujar Dwikorita Rabu (31/8), seperti dikutip Antara.

Menurut prakiraan BMKG, awal musim hujan di 125 zona musim sama dengan normalnya dan awal musim hujan di 76 zona musim lebih lambat dari normalnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button