Headline

Tarif Listrik di Atas 3.500 VA Naik Per 1 Juli 2022

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Data Mineral mengumumkan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan rumah tangga di atas 3.500 volt ampere (VA) dan pemerintah berdaya 6.600 VA hingga di atas 200 kVA.

“Sekarang masih berlaku tarif lama, tetapi untuk yang kita umumkan sekarang ini mulai berlakunya per tanggal 1 Juli 2022,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana di Jakarta, Senin (13/6).

Pemerintah beralasan kebijakan menaikkan tarif listrik pelanggan rumah mewah dan pemerintah lantaran besaran empat indikator ekonomi makro meningkat terutama harga minyak mentah dunia yang tinggi, sehingga meningkatkan beban produksi listrik yang dihasilkan oleh perusahaan setrum pelat merah PT PLN (Persero).

Berita Terkait

Baca Juga : Awalnya Anak-Anak Main Gerobak, Lima Warga Tersengat Listrik, Satu Tewas

Setiap kenaikan USD1 dari harga minyak mentah dunia berdampak terhadap biaya pokok produksi PLN secara keseluruhan hingga Rp500 miliar.

Tagihan Listrik
Ilustrasi

“Harga minyak mentah masih berkisar USD100 per barel, sementara asumsi kami di APBN berkisar 63 dolar AS per barel,” kata Rida, seperti dikutip Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button