Headline

Perhatikan Kondisi Masyarakat sebelum Naikkan Harga BBM

Ia mengatakan segala kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak harus memperhatikan suasana kebatinan yang ada di masyarakat dan kenyataan yang sedang mereka hadapi.

“Hal itu patut dilakukan agar Pemerintah tidak berhadapan langsung dengan resistensi masyarakat,” kata Trubus.

Kemudian, Trubus pun menyampaikan sejumlah langkah yang harus dilakukan Pemerintah agar kebijakan kenaikan harga BBM tidak mengakibatkan gejolak publik.

Pertama, ujar dia, Pemerintah harus mampu mengedukasi masyarakat terkait dengan kebijakan penaikan harga BBM, mulai dari dasar kebijakan, kondisi nasional dan global, hingga dampak serta antisipasi dari dampak yang ditimbulkan.

Kedua, kata Trubus, Pemerintah harus memperhatikan kebutuhan masyarakat terdampak penaikan harga BBM dengan membuat jaring pengaman sosial yang kuat.

Jaring pengaman sosial itu dapat berupa stimulus ataupun paket peringanan untuk mendorong masyarakat semakin produktif, khususnya bagi mereka yang menggeluti sektor UMKM dan padat karya.

Ia pun menyarankan Pemerintah untuk melakukan efisiensi dengan mengevaluasi pengeluaran negara yang berjumlah besar, seperti untuk belanja pegawai dan pembangunan. Lalu, kata dia lagi, Pemerintah juga perlu menstabilkan dahulu harga kebutuhan pokok, sebelum menaikkan harga BBM. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button